Rabu, 27 April 2016

Pencanangan Kampung Kb Tingkat Kabupaten Magelang (Adipuro)

Written by Bagian Humas dan Protokol   
Wednesday, 16 March 2016 08:23
Kota Mungkid, 15 Maret 2016. Pencanangan Kampung KB/Dusun Kencana Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2016 di Desa Adipuro Kecamatan Kaliangkrik, telah berangsung kemarin (14/3/2016).Dengan dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Magelang, Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Magelang, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang beserta Para AsistenSekda, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang, danjugaKetua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang.Kota Mungkid, 15 Maret 2016
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan acara ini, karena bisa menjadi acuan dan juga bisa menjadi barometer bagi keberhasilan KB di Kabupaten Magelang.

 “Saya selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada segenap panitia penyelenggara, semoga kegiatan pencanangan kampung KB/Dusun Kencana ini dapat memotivasi wilayah lain untuk memiliki kampung KB guna mendukung upaya mensukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga,” Tandas Bupati. 

Meskipun demikian Pencapaian hasil Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga pada saat ini belum menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan.Hal ini ditandai dengan adanya kecenderungan naiknya Total Mortality Rate (Angka Kematian Ibu) yang masih dirasakan cukup tinggi, dan masih tingginya proporsi Pasangan Usia Subur status kawin yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, serta kurangnya sinergitaspenggarapan program KKBPK dengan lintas sektor.
Oleh karena itu, perlu adanya satu model penggarapan program secara bersama sama baik dari Pemerintah, swasta maupun masyarakat yang terintegrasi dalam satu wilayah yang dinamakan Kampung KB.



Inti dari Kampung KB adalah mengoptimalkan partisipasi masyarakat agar lebih banyak dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKB PK di wilayah masing – masing sehingga seluruh program KKB PK dapat dilaksanakan secara holistik integratif dan maksimal.
Keberhasilan KB

Kunci keberhasilan Kampung KB terletak pada revitalisasi pengelolaan program KKB PK di tingkatlapangan, yaitu dengan membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Kampung KB yang keanggotaannya terdiri dari para tokoh masyarakat setempat yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati.

Disamping itu, melalui Kampung KB/Dusun Kencana, diharapkan kedepan laporan pelaksanaan program KKB PK tidak hanya ditujukan kepada SKPD pengelola program saja, tetapi juga kepada setiap pimpinan wilayah secara berjenjang.
Bupati juga mengharapkan agar para pimpinan wilayah juga harus selalu memantaunya. “Pimpinan wilayah harus memastikan agar Program KKB PK sesuai dengan 4 pilar penggarapan program yakni Pendewasaan Usia Perkawinan, Pengaturan Jarak Kelahiran dengan alat kontrasepsi, Peningkatan Ketahanan Keluarga dan Peningkatan Ekonomi Keluarga secara pelan akan menjadi budaya di masyarakat,” harap Bupati Zaenal Arifin.  

Di sisi lain, para pimpinan wilayah juga harus memastikan bahwa Program KKB PK benar-benar telah berupaya mendukung program Nawacita khususnya program Nawacitake 3 yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah–daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan, Nawacita ke 5 yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, serta Nawacita ke 8, Melakukan Revolusi Karakter Bangsa.

Kepala Bapermaspuan dan KB, Retno Indriastuti, SKM, Mkes mengatakan perlu adannya sinergisitas dari semua elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan program KB di Kabupaten Magelang. 

Selain Pencanangan acara ini juga diadakan kegiatan antara lain Posyandu Balita, BKL (Bina Keluarga Lansia), Pelayanan KB, dan juga BKB Bhina Keluarga Balita. Acara di Buka secara resmi dengan disertai pemukulan kentongan, oleh Bupati Magelang. ***)Widodo Anwari/Humas/Protokol Kab. Magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar